Profil

Deskripsi Ringkas

Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana merupakan program studi (prodi) bidang kepariwisataan mandiri yang pertama di Indonesia. Prodi ini berdiri tahun 2001, disahkan dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1917/D/T/2001 tanggal 7 Juni 2001.

Prodi ini mendapat Akreditas A, berdasarkan Keputusan BAN PT No. 002/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012, berlaku sampai dengan 16 Mei 2017.

Di Unud, kehadiran Prodi Magister Kajian Pariwisata cukup strategis. Prodi ini ikut mempercepat diresmikannya Program Diploma IV Pariwisata Unud menjadi Fakultas tahun 2008, dan kemudian sebagai landasan pembentukan program pendidikan Doktor Pariwisata tahun 2010. Dengan demikian, Unud memiliki jenjang pendidikan pariwisata yang lengkap dari strata-1 sampai strata-3.

Unud juga memiliki Pusat Penelitian Kebudayaan dan Pariwisata (Puslitbudpar) dan sejak 2013 Unud membentuk Konsorsium Riset Pariwisata (KRP) yang dibina oleh Kementerian Riset dan Teknologi (kini Menristek Dikti). Dengan prodi-prodi, puslit serta konsorsium pariwisata ini, Unud dapat memberikan kontribusi lebih optimal dalam penyiapan SDM dalam perkembangan kepariwisataan Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

 VISI,  MISI, TUJUAN, PROFIL LULUSAN

 Visi

Menjadi lembaga pendidikan ilmu kepariwisataan yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

 Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kepariwisataan yang unggul dan bertaraf internasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian intelektual dalam melaksanakan dan menyebarluaskan hasil penelitian untuk mendukung pengembangan pariwisata sebagai ilmu mandiri yang bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
  3. Mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan, kajian, serta dalam perencanaan pembangunan kepariwisataan.
  4. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan topik dan pelaksanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal dan perkembangan kepariwisataan nasional.
  5. Mengembangkan jejaring kerja sama dengan berbagai lembaga baik di dalam maupun luar negeri terkait dengan bidang kepariwisataan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan bermoral, unggul, mandiri, dan berbudaya.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang inovatif di bidang kepariwisataan untuk mendukung pengembangan ilmu kepariwisataan dan pembangunan pariwisata berkelanjutan.
  3. Merancang gagasan-gagasan inovatif pengembangan pariwisata guna mencapai pelestarian lingkungan, pelestarian budaya, pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan kesejahteraan sosial.
  4. Meningkatkan kerja sama dengan berbagai stakeholder dalam bidang kepariwisataan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Profil Lulusan

  1. Akademisi
  2. Peneliti
  3. Perencana, staf ahli, dan konsultan kepariwisataan
  4. Enterpreneur, pengusaha pariwisata