Monthly Archives: July 2016

Library of Congress Cari Terbitan Buku dan Jurnal S-2 Kajian Pariwisata Unud

DSC_0460

Kaprodi dan Sekretaris Prodi S-2 Kajian Pariwisata I Nyoman Darma Putra (baju putih) dan Syamsul Alam Paturusi menerima perwakilan Arifin Pramono dari Library of Congress Amerika kantor di Jakarta (Foto Nyoman Kariana)

Dua orang perwakilan dari Library of Congress yang berkedudukan di Jakarta mengunjungi Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud untuk mendapatkan terbitan buku dan jurnal untuk memperkaya koleksi perpustakaan Library of Congress, Washington DC, Amerika.

Kedua perwakilan itu, Arifin Pramono ( Acquisition Specialist) dan Nina Kania Dewi (Library of Congress Overseas Office), datang berkunjung ke Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud, Senin, 25 Juli 2016. Mereka diterima Kaprodi dan Sekretaris Prodi S-2 Kajian Pariwisata I Nyoman Darma Putra dan  Syamsul Alam Paturusi.

Mahasiswa Baru Kajian Pariwisata Unud akan Studi Lapangan ke Warisan Budaya Dunia Jatiluwih

IMG_5532

Seorang pemandu wisata memberikan keterangan kepada wistawan di Jatiluwih (Foto Darma Putra, 2016)

Mahasiswa baru Prodi Magister Kajian Pariwisata Pascasarjana Universitas Udayana akan melakukan studi lapangan ke daya tarik warisan budaya dunia Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Jumat, 12 Agustus, selama sehari penuh. Kunjungan lapangan ini merupakan rangkaian dari progrma matrikulasi [JADWAL MATRIKULASI web doc]

Sekitar 60 orang akan ikut dalam studi lapangan ini terdiri dari 40 mahasiswa baru, mahasiswa lama, dosen, dan staff administrasi.

Segera Terbit dan Tersedia dalam Jaringan JUMPA Edisi Juli 2016

sampul depan jumpa 3[1]

Seminar “Marine Tourism” Bahas Relasi Masyarakat Bali dengan Lingkungan Pantai

IMG_2145

Upacara melasti di pantai Petitenget, Kabupaten Badung, Maret 2016 (Foto-foto Darma Putra)

Kandidat doktor dari Australia menyampaikan bahwa relasi masyarakat Bali dengan lingkungan pantai dan laut (marine environtment) tampak pada empat dimensi yaitu laut sebagai tempat melaksanakan ritual penyucian (cleansing), sumber mata pencaharian, untuk rekreasi, dan tempat tinggal kekuatan supernatural.

Thomas Wright dari the University of Queensland menyatakan hal itu dalam seminar akademik di Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud, Kamis, 13 Juli 2016, diikuti sekitar 50 peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen. Seminar dipandu oleh Ngurah Budiasa, mahasiswa S-3 Pariwisata Unud yang sehari-hari adalah dosen STP Nusa Dua Bali.

SEMINAR: Balinese Relationships to Marine Environments in the Context of Tourism: Preliminary Insights

THOMAS 4

Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud menggelar seminar pariwisata, Rabu, 13 Juli 2016, di Ruang 2.06, Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana. Seminar yang dimulai pk. 14.00, berlangsung sampai 15.30, terbuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran.

Seminar menampilkan pembicara tunggal Thomas Wright, kandidat doktor dari The University of Queensland, Brisbane, Australia. Thomas sudah sekitar satu tahun melakukan riset di Bali untuk menulis disertasinya tentang hubungan masyarakat Bali dengan lingkungan bahari dalam konteks pariwisata. Sebagian dari haril observasinya akan disajikan dalam seminar ini [UNDUH thomas abstract ].

Kabar Alumni: Tamat S-2 Kajian Pariwisata Unud, Tawaran Mengajar Berdatangan

Oleh Juita Carolina Lesawengen, Angkatan 2014

juit

Foto bersama Kaprodi Prof. Darma Putra & teman seangkatan 2014 usai menggelar seminar “Membuka pintu pengembangan medical tourism di Bali”

SUNGGUH tak terbayangkan sebelumnya bahwa permintaan untuk menjadi dosen berdatangan setelah saya tamat di Prodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana, Mei 2016. Cita-cita menjadi dosen akan tercapai, tetapi saya harus setia dengan kontrak kerja di tempat lama sebelum menjadi tenaga akademik.

Berikut Kabar Alumni yang saya tulis untuk berterima kasih kepada almamater Universitas Udayana dan sharing untuk teman-teman seperjuangan dan mereka yang akan kuliah di Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud.