Monthly Archives: April 2016

Seleksi Mahasiswa Baru Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud 2016

tes (1)

Suasana tes tulis dalam seleksi mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Unud (Foto Nyoamn Kariana)

Tes seleksi mahasiswa baru tahap pertama Prodi Kajian Pariwisata Program Pascasarjana Universitas Udayana berlangsung Sabtu, 30 April dan Minggu 1 Mei 2016, di Kampus Unud Sudirman.

Pengumuman seleksi rencananya dilaksanakan 12 Mei, setelah itu akan ada lagi seleksi gelombang kedua. Pembukaan pendaftarannya untuk seleksi mahasiswa baru gelombang kedua direncanakan 30 Mei-24 Juni 2016.

Akademisi University of Kent Jajaki Kerja Sama Riset Pariwisata di Unud

IMG_4475

Akademisi dari University of Kent, Dr. Mark Hampton menerima kenang-kenangan berupa buku dari Ketua Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud, I Nyoman Darma Putra, dalam pertemuan 28 April 2016 di Universitas Udayana (Foto Fakultas Pariwisata Unud).

Akademisi bidang kajian pariwisata dari Inggris menjajaki kerja sama riset dan publikasi ke Universitas Udayana. Dalam kunjungannya ke Unud, Dr. Mark Hampton, Director Centre for Tourism in Islands and Coastal Areas, University of Kent, Inggris, diterima oleh Dekan Fakultas Pariwisata Unud I Made Sendra dan Ketua Prodi Kajian Pariwisata Pascasarjana Unud, I Nyoman Darma Putra.

Dalam pertemuan Kamis (28/4/2016) itu, Mark Hampton menyampaikan perkembangan kepariwisataan yang sangat pesat belakangan ini memberikan area penelitian yang sangat menarik, mulai dari hospitalitas, managemen destinasi, sampai soal lingkungan, politik, dan kekuasaan yang mempengaruhi industri pariwisata.

Dua Buku Baru tentang Pariwisata Bali dari S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana

Dua buku pariwisata Bali dari Program Studi S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana.

Dua buku pariwisata Bali dari Program Studi S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana.

Program Studi Magister (S-2) Kajian Pariwisata Unud menerbitkan dua buku tentang pariwisata Bali. Kedua buku ini diterbitkan sebagai kado untuk usia 15 tahun Prodi Kajian Pariwisata Unud yang berdiri 2001 lalu.

Buku pertama berjudul Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali disunting oleh I Nyoman Darma Putra, berisi tujuh tulisan tentang pariwisata berbasis kemasyarakatan di Bali. Peminat bisa mendapatkan dengan mengganti ongkos cetak Rp 60.000. Info sekilas tentang buku, silakan klik  Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali

Silakan hubungi Sekretariat Prodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana: Ida Ayu Ari Pradnyani, email: aripradnyani_82@yahoo.co.id atau Putu Dewi Udayani, email: pdewiudayani@yahoo.com Telepon (jam kantor) 0361 229079

Peluncuran Buku “Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali”

Peluncuran buku "Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali" dan kuliah umum "Era Baru Promosi Pariwisata Indonesia" oleh Prof. I Gde Pitana (baju putih) di S-2 Kajian Pariwisata Unud, 20 April. Usai peluncuran, diserahkan buku kepada penulis, dosen, mahasiswa, dan wakil hadirin, dari kiri: Dr. I Nyoman Tingkat, Panudiana Khun, Dr. Putu Saroyeni, Fatrisia Yulianie, Prof. Pitana, Direktur Pascasarjana Unud Prof. AA Raka Sudewi, Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Darma Putra, Diah Praba, Ramaswati Purnawan, dan Surya Diarta (Foto Putu Indra Tiryasa)

Peluncuran buku “Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali” dan kuliah umum “Era Baru Promosi Pariwisata Indonesia” oleh Prof. I Gde Pitana (baju putih) di S-2 Kajian Pariwisata Unud, 20 April. Usai peluncuran, diserahkan buku kepada penulis, dosen, mahasiswa, dan wakil hadirin, dari kiri: Dr. I Nyoman Tingkat, Panudiana Khun, Dr. Putu Saroyeni, Fatrisia Yulianie, Prof. Pitana, Direktur Pascasarjana Unud Prof. AA Raka Sudewi, Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Darma Putra, Diah Praba, Ramaswati Purnawan, dan Surya Diarta (Foto Putu Indrayana Tirtayasa)

Kuliah Umum Prof. I Gde Pitana di Unud: Pariwisata Salah Satu dari Lima Prioritas

IMG_2897

Prof. I Gde Pitana saat meluncurkan buku “Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali” sebelum memberikan kuliah umum di S-2 Kajian Pariwisata Unud (Rabu, 20/4/2016). Foto Darma Putra.

Silakan unduh: Paparan Deputi BP3M – Kuliah Umum UNUD

Pemerintah Indonesia mulai memprioritaskan pembangunan pariwisata dan bertekad untuk bisa maju melampaui pencapaian industri kepariwisataan negara tetangga.

Demikian disampaikan Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran Mancanegara Prof. Dr. I Gde Pitana,M.Sc. dalam kuliah umumnya di S-2 Kajian Pariwisata Unud, Rabu (20 April 2016). Acara kuliah umum diawali dengan peluncuran buku Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali yang disunting I Nyoman Darma Putra dan diterbitkan S-2 Kajian Pariwisata Unud.

Peluncuran Buku dan Kuliah Umum oleh Prof. I Gde Pitana “Era Baru Promosi Pariwisata Indonesia”

13010705_10208800340947282_3101621052529131196_n

Lokakarya ‘Road Map’ Penelitian Tesis Mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata Unud

Lokakarya peta jalan penelitian tesis mahasiswa magister Kajian Pariwisata, Universitas Udayana, 15 April 2016.

Lokakarya peta jalan penelitian tesis mahasiswa magister Kajian Pariwisata, Universitas Udayana, 15 April 2016.

Prodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana menggelar lokakarya ‘Road Map Penelitian Tesis Mahasiswa’ untuk panduan lima tahun ke depan, 2016-2021.

Lokakarya yang berlangsung Jumat, 15 April 2016, menampilkan Prof. I Wayan Ardika yang menyajikan hasil kajiannya terhadap isi tesis mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata dalam 15 tahun terakhir, sejak prodi ini berdiri 2001.

Surat dari Prancis: Unud Antusias Teruskan Kerja Sama Pendidikan

Oleh Putu Devi Rosalina, Angkatan 2014

assises la rochelle (sumber www.ifi-id.com

Suasana pertemuan kerja sama Indonesia Perancis, di di Université de La Rochelle, Prancis, 5-6 April 2016 (Foto www.ifi-id.com)

Pada tanggal 5 – 6 April 2016, diadakan Kongres kerja sama Indonesia-Prancis yang bertempat di Université de La Rochelle, Prancis. Kongres ini merupakan yang ke-8, lokasinya dilaksanakan bergantian, di Prancis atau Indonesia. Kongres sebelumnya diadakan di Medan, Sumatera Utara.

Kongres yang terselenggara atas kerja sama IFI (Institut Prancis Indonesia) dan RISTEK-DIKTI (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) ini di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Kedutaan Prancis di Jakarta, yang kemudian dikoordinasikan oleh Universitas La Rochelle dan Universitas Sebelas Maret.

Tahun lalu, pesertanya sekitar 250 orang dengan perwakilan dari 105 institusi dari Prancis dan Indonesia. Tahun 2016, peserta berjumlah 229 orang. Dari Universitas Udayana, hadir Pembantu Rektor IV Prof. I Made Suastra, yang terus antusias menggalang kerja sama pendidikan dengan universitas di Prancis.

Surat dari Prancis: Seminar Pariwisata Daerah Pesisir di Buologne-Sur-Mer

Oleh Putu Devi Rosalina, Angkatan 2014

Suasana seminar

Suasana seminar daerah Pesisir di Buologne-Sur-Mer (Sumber foto : www.campusdelamer.fr )

Pada tanggal 16 Maret 2016, saya berkesempatan untuk menemani dosen pembimbing saya, Dr. Sylvine, dalam menghadiri Seminar di Utara Prancis, tepatnya di daerah Buologne-sur-Mer.

Seminar selama dua hari ini bertajuk Colloque «Littoral et Tourisme Durable: quelle champ opérationnel?» Seminar ini membahas mengenai daerah pesisir dan pariwisata berkelanjutan dengan memfokuskan pada bidang operasional apa saja yang harus dilibatkan.

Jajaki Kerja Sama “Double Degree” dengan University of Glasgow

Jajaki kerja sama double degree, dari kiri: Dr. Syamsul Alam Paturusi, Dr. Clare McManus, Dr Gauillaume Tiberghien (pegang buku pariwisata Bali), dan Prof. I Nyoman Darma Putra (pehang brosur UG).

Jajaki kerja sama double degree, dari kiri: Dr. Syamsul Alam Paturusi, Dr. Clare McManus, Dr. Gauillaume Tiberghien (pegang buku pariwisata Bali), dan Prof. I Nyoman Darma Putra (pehang brosur UG).

Program Studi Magister Kajian Pariwisata Program Pascasarjana Unud sedang menjajaki program double degree (gelar ganda) dengan School of Interdiciplinary Studies University of Glasgow, UK. Program gelar ganda ini diharapkan bisa direalisasikan secepat mungkin.

Jika program ini berjalan, mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata Unud bisa kuliah dengan sistem gelar ganda dalam waktu dua tahun, setahun di Unud dan setahun di University of Glasgow (UG).