Monthly Archives: February 2016

Kabar Alumni: Menggarap Tesis Pariwisata, Antara Penelitian dan Rekreasi

Oleh I Made Agus Asta Panca, Angkatan 2013

Agus Asta Panca saat tur ke Korea, 2014.

Agus Asta Panca saat tur ke Korea, 2014.

Bagi kebanyakan mahasiswa, menulis skripsi atau tesis, merupakan hal yang menakutkan. Melakukan penelitian untuk bahan penulisan tesis juga melelahkan. Berikut saya berbagi pengalaman, bagaimana melakukan penelitian sambil melakukan rekreasi, dan menulis tesis dengan tenang dan tekun.

Saya dan 13 kawan-kawan dari pemprov Bali mendapat kesempatan untuk melanjutkan kuliah di Prodi Magister Kajian pariwisata Unud. Tentu ada seleksi, pertama di Pemprov, dan kedua seleksi di Prodi. Berbekal pendidikan yang jauh dari pariwisata, bagi saya menempuh pendidikan ini merupakan suatu tantangan.

Segera Terbit: Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali

Desain sampul Gde Aryantha Soethama, foto Dr. Komang Arba Wirawan.

Desain sampul Gde Aryantha Soethama, foto Dr. Komang Arba Wirawan.

KUTIPAN PENGANTAR EDITOR:

Semakin banyak masyarakat Bali yang bangkit dan tampil untuk mengelola potensi pariwisata di wilayahnya dengan sistem community based tourism (CBT). Hasilnya mencengangkan.

Data tahun 2015 menunjukkan ada desa yang bisa meraup pendapatan bersih sampai Rp 5 milyar, ada yang bahkan dapat menangguk sampai Rp 41,4 milyar per tahun. Kebangkitan masyarakat Bali mengelola pariwisata di desanya ditandai setidak-tidaknya dua ciri berikut.