Monthly Archives: January 2016

Seminar Bersama Pembangunan dan Perencanaan Pariwisata Bali dan Malaysia

Pembicara dalam dalam seminar dari kiri ke kanan: Dr. Widiastuti, Dr. Mohamad Zin Mohamed, dan Prof. Darma Putra (Fot0-foto Putu Pande Indrayana Tirtayasa).

Pembicara dalam seminar dari kiri ke kanan: Dr. Widiastuti, Dr. Mohamad Zin Mohamed, dan Prof. Darma Putra (Foto-foto Putu Pande Indrayana Tirtayasa).

Pembangunan pariwisata Malaysia dan Bali menghadapi persoalan yang sama, yaitu ketimpangan kemajuan antara satu daerah dengan daerah lainnya dan masalah carrying capacity (kapasitas daya tampung).

Demikian terungkap dalam seminar bersama antara Prodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana dan The Department of Urban and Regional Planning. International Islamic University Malysia (IIUM), di aula Gedung Pascasarjana Unud, Selasa, 19 Januari 2016.

Seminar Perkembangan dan Perencanaan Pariwisata Malaysia dan Bali

Joint Seminar Perkembangan dan Perencanaan Pariwisata Malaysia dan Bali

Joint Seminar Perkembangan dan Perencanaan Pariwisata Malaysia dan Bali

Ikon Pariwisata Budaya: Syukuran Pementasan Sembilan Tari Bali Warisan Budaya Dunia UNESCO

Tari Rejang (Foto Darma Putra)

Tari Rejang (Foto Darma Putra)

Pemprov Bali melaksanakan perayaan, syukuran, dan pementasan atas dinobatkannya seni tari tradisi Bali sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO. Syukuran yang diisi dengan pementasan ke-9 tari itu dilaksanakan di Gedung Ksirarnawa, Art Centre Denpasar, Rabu, 30 Desember 2015.

Kesembilan tari itu adalah Tari Sanghyang Dedari, Tari Rejang Dewa, Tari Baris Upacara, Tari Topeng Sidakarya, Gambuh, Wayang Wong, Tari Legong Keraton, Barong Keet, dan Joged Bumbung. Satu per satu dipentaskan bergiliran.

Pementasan yang memukau hadirin itu berlangsung sekitar dua jam. Yang tampil adalah penari muda berbakat, baik dari sekaa di masyarakat maupun yang menempuh pendidikan seni. Tari Bali sejak lama sudah menjadi ikon pariwisata budaya.