Monthly Archives: October 2015

Surat dari Perancis: DDIP yang Berawal dari Mimpi

Putu Devi Rosalina, Angkatan 2014

Di depan Presidence de L'universite d'Angers

Di depan Presidence de L’universite d’Angers

Pertama kalinya mendengar beasiswa Double Degree Indonesia Perancis (DDIP) di tahun 2010, tentunya saya sangat tertarik. Tapi saat itu, saya masih merasa hanya mimpi. Ada banyak persyaratan yang harus dilengkapi dan saya masih jauh dari itu. Namun, apa salahnya mencoba, pikir saya.

Syukurlah, setelah perjuangan panjang, rumit, terkadang melelahkan, mimpi itu jadi kenyataan.

Seminar “Bali and the Dynamics of Southeast Asia Tourism”

Seminar Adrian Vickers_1.0 FB Flyer

Prodi S-2 Kajian Pariwisata dan Konsorsium Riset Pariwisata Universitas Udayana akan menyelenggarakan seminar pariwisata “Bali and the Dynamics of Southeast Asia Tourism” dengan pembicara Prof. Dr. Adrian Vickers dari The University of Sydney, Australia.

Seminar yang akan berlangsung Senin, 2 November 2015, mulai pk. 16.00, di Aula Gedung Pascasarjana Unud, Jl. PB Sudirman, Denpasar, terbuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran.

Seminar Sinergitas Pertanian-Pariwisata: Merajut Sinergi lewat Agrowisata

Catatan Putu Diah Sastri Pitanatri, Angkatan 2014

Seminar01(1)

Suasana seminar nasional sinergitas antara pariwisata dan pertanian.

Suatu hari orang akan memerlukan bantuan dokter, notaris, atau arsitek, tetapi memerlukan bantuan petani setiap hari bahkan tiga kali sehari.

Semangat kutipan itu tercermin dalam seminar nasional yang mengusung tema “Sinergi antara Sektor Pertanian dan Pariwisata”, yang digelar oleh Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Jumat, 9 Oktober 2015.

Seminar Branding Pariwisata dalam Liputan Media Massa

pos bali 1 IMG_1149

Koran Pos Bali, Senin, 5 Oktober 2015, halaman 1.

pos bali 1 IMG_1150

Seminar branding, Jumat, 2 Oktober 2015 lalu, tak hanya menarik dosen dan mahasiswa tetapi juga kalangan jurnalis. Jurnalis yang datang meliput ada dari Kompas, majalah Swa, kantor berita Antara, dan Pos Bali.

Seminar Branding: Berbicara dalam Konteks Ideal sekaligus Praktis

Catatan I Putu Sudhyana Mecha, Angkatan 2015, mechaputu@gmail.com

Peserta seminar terutama mahasiswa semangat belajar dari seminar branding.

Peserta seminar terutama mahasiswa semangat belajar dari seminar branding.

Hari Jumat sore, 2 Oktober 2015, Program Studi Pascasarjana Magister Kajian Pariwisata mengadakan seminar nasional yang bertemakan branding, tepatnya “Branding Invidu dan Branding Kolektif dalam Pariwisata Bali”.

Seminar yang berlangsung pk. 15.30-19.00 itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Udayana (Unud) yang ke-53.

Menyelaraskan Branding Individu dengan Kolektif Pariwisata Bali

Catatan Ni Putu Diah Prabawati, Angkatan 2015, email: prabadiah@gmail.com

Dr. Nyoman Madiun (moderator), Ibu Made, dan Prof Darma Putra dalam seminar branding di Unud, dalam rangka perayaan Dies Natalis Unud ke-53 (Foto Ary Bestari)

Dr. Nyoman Madiun (moderator), Ibu Made, dan Prof Darma Putra dalam seminar branding di Unud, Jumar, 2 Oktober 2015, dalam rangka perayaan Dies Natalis Unud ke-53 (Foto Ary Bestari)

Jika menelisik kepada tema seminar dengan kata kunci branding, maka pertanyaan yang timbul adalah bagaimana menyelaraskan branding individu yang mencuat dari tiap-tiap usaha atau atraksi wisata yang ada, dengan branding kolektif pariwisata Bali.

Berbicara mengenai branding sangat erat kaitannya dengan pemasaran. Sasaran akhir dari proses pemasaran adalah kepuasan tamu. Di dalam pemasaran terdapat dua pemeran yaitu Actor pemasaran atau marketers yang dalam hal ini adalah Bali dan Client yaitu wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Sukses, Seminar Branding Pariwisata Bali di Unud

Dari kiri: Prof. Darma Putra, Made Masih, Prof. I Gde Pitana,Dr. Putu Saroyeni, dan Dr. Nyoman Madiun (Foto Ary Bestari).

Seminar branding dalam pariwisata Bali yang dilaksanakan Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud, Jumat, 2 Oktober 2015, berlangsung sukses 3,5 jam tanpa rehat, diikuti penuh samangat oleh sekitar 275 peserta dengan menampilkan pembicara dari praktisi pariwisata dan akademisi serta birokrasi yang berkompeten di bidang branding.

Seminar bertema “Branding Individu dan Branding Kolektif dalam Pariwisata Bali” itu dilaksanakan dalam rangka perayaan Dies Natalis Unud ke-53, dibuka Pembantu Rektor IIV Prof. Made Suastra. Hadir pada kesempatan itu Prof. Made Budiarsa, Asisten Direktur Pascasajrana Unud, Ida Bagus Ngurah Wijaya dari GIPI/BTB Bali, Dr. Agung Suryawan Sekretaris Program Doktor Pariwisata Unud, Dekan Fakultas Pariwisata Unud Dr. I Made Sendra,M.Si., dan undangan lainnya.