Monthly Archives: August 2015

Kriteria 4-A dalam Agrowisata

Oleh Dewa Putu Bagus Pujawan Putra, Angkatan 2015

IMG_7230

Suasana Bagus Agro Pelaga (Foto Darma Putra)

Di pagi hari yang cerah, Jumat 28 Agustus 2015, kami rombongan mahasiswa pascasarjana Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana melakukan kunjungan ke Bagus Agro Pelaga yang terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Bagus Agro merupakan agrowisata yang memiliki fasilitas yang memadai beserta dengan pemandangan hutan dan suhu udara yang sejuk pada ketinggian 950 mdpl. Berikut adalah hasil pengamatan penulis tentang Bagus Agro Pelaga, dengan meneropong kriteria 4-A sebuah daya tarik wisata.

Dari Teori ke Lapangan: Refleksi Matrikulasi Kajian Pariwisata 2015

Oleh Adhitia Pahlawan Putra, Angkatan 2015

Mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana tampak serius mendengarkan ceramah (foto Darma Putra)

Pemahaman tentang teori di kelas menjadi lebih hidup dengan kunjungan lapangan. Berikut adalah refleksi singkat tentang beberapa butir materi ceramah matrikulasi s2 Kajian Pariwisata Unud yang diberikan di kelas dan tentang kunjungan lapangan ke Bagus Agro Pelaga, 46 utara Denpasar.

Filsuf Italia Gimbatissta Vico dalam Orientalism karya Edward Said mengatakan bahwa manusia mengukir dan menciptakan sejarahnya sendiri. Namun demikian, hal tersebut tidak berlaku bagi Bagus Sudibya, owner (pemilik) dari Bagus Agro Pelaga.

Betapa tidak, kunjungan kami dalam rangkaian acara matrikulasi mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Pascasarjana Universitas Udayana pada Jumat 28 Agustus 2015, memberikan orientasi baru bahwa membangunan pariwisata harus didasari hati yang tulus atas cinta kasih kita pada sesama manusia, lingkungan, dan Sang Hyang Widhi.

Merasakan Suasana Tri Hita Karana di Agrowisata

Oleh I Made Agus Wiguna, Angkatan 2015

agro

Suasana spiritual berpadu dengan pesona alam dan perkebunan di Bagus Agro Pelaga.

Pengalamam yang kami dapatkan pada hari itu sangat berharga di mana konsep Pariwisata Budaya berbasis kerakyatan yang berlandaskan Tri Hita Karana dapat kami lihat dan rasakan langsung di Bagus Agrow Pelaga.

Kunjungan ke Bagus Agro berlangsung Jumat 28 Agustus 2015. Kami rombongan mahasiswa Magister Kajian Pariwisata Unud angkatan 2014 dan 2015 ditemani para dosen melakukan studi lapangan ke Bagus Agrowisata  sebagai salah satu bagian dari matrikulasi bagi mahasiswa baru angkatan 2015.

Contoh “Community Based-Tourism”

Oleh Sang Nyoman Bagus Satya Wira, Angkatan 2015

IMG_7132

Perkebunan untuk pariwisata (Foto Darma Putra)

Rangkaian acara matrikulasi untuk mahasiswa baru Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana yang telah berlangsung dari tanggal 24 Agustus diakhiri dengan kunjungan ke Bagus Agrowisata pada Jumat, 28 Agustus 2015.

Peserta kunjungan terdiri dari mahasiswa angkatan 2014 dan 2015, didampingi oleh para dosen dan staf. Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk mempertemukan mahasiswa dari tiap angkatan dan secara khusus untuk pengenalan objek daya tarik wisata di Desa Pelaga.

Agrowisata yang Tawarkan Ciri Khas dari “Sustainable Tourism”

Oleh I Putu Sudhyana Mecha, Angkatan 2015

IMG_7170

Mahasiswa tekun mendengarkan penjelasan tentang jeruk di Bagus Agro (Foto Darma Putra)

Pada tanggal 28 Agustus 2015 lalu, tepatnya hari Jumat, saya bersama rombongan mahasiswa baru Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana (Unud) melakukan kunjungan lapangan ke Bagus Agrowisata, Plaga, Kabupaten Badung.

Kunjungan lapangan ini merupakan bagian akhir dari kegiatan Matrikulasi, yang telah diselenggarakan sejak tanggal 24 Agustus kemarin. Tidak hanya rombongan mahasiswa baru, beberapa dosen beserta staf pegawai Magister Kajian Pariwisata juga turut serta dalam acara ini, ditambah dengan beberapa orang mahasiswa tingkat akhir.

Kunjungan Mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata ke Bagus Agro Pelaga

11959962_10207132359208781_3573743818174630810_n

Mahasiswa Kajian Pariwisata Unud Angkatan 2015 saat kunjungan di Bagus Agro (Foto-foto Darma Putra)

Sekitar 80 mahasiswa dan dosen Prodi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana mengadakan kunjungan wisata ke Bagus Agro di Pelaga, Kabupaten Badung, Bali, Jumat, 28 Agustus. Bagus Agro terletak 46 km utara kota Denpasar.

Kunjungan lapangan ini merupakan bagian dari kegiatan matrikulasi mahasiswa baru Angkatan 2015 yang berlangsung 24-28 Agustus. Ikut juga dalam kunjungan itu mahasiswa Angkatan 2014. 

Info ‘Outing’ ke Bagus Agro Pelaga

Suasana matrikulasi mahasiswa baru (Foto Darma Putra)

Suasana matrikulasi mahasiswa baru (Foto Darma Putra)

Acara matrikulasi untuk mahasiswa baru Prodi Magister Kajian Pariwisata yang berlangsung 24-28 Agustus diisi dengan outing ke Bagus Agrowisata, Pelaga, Jumat, 28 Agustus.

Berikut adalah info susunan acara:

Matrikulasi Mahasiswa Baru dan “Outing” Bersama Mahasiswa Lama, Jumat 28 Agustus 2015

Bagus Agrowisata

Bagus Agrowisata

matrikulasi(1)

 Kegiatan Matrikulasi untuk mahasiswa baru Prodi Kajian Magister Pariwisata Unud dilaksanakan Senin, 24 Agustus s.d. 28 Agustus, di Gedung Pascasarjana Unud, Jalan PB Sudirman.

Kaprodi Kajian Pariwisata Tampil dalam “International Seminar on Food Heritage”

seminar food

I Nyoman Darma Putra (Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Unud) saat berbicara dalam seminar Food Heritage, 10 Agustus 2015 (Foto Prasista Bestari).

Kaprodi Magister Kajian Pariwisata Unud, Prof. I Nyoman Darma Putra, tampil sebagai salah satu dari empat pembicara dalam International Seminar on Food Heritage, yang diselenggarakan LAB MICE Fakultas Pariwisata di Kampus Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Senin, 10 Agustus.

Dalam seminar yang dibuka oleh PR IV Unud, Prof. Made Suastra, diisi sambutan dari Dekan Fakultas Pariwisata Drs. I Made Sendra, M.Si. itu, tampil empat pembicara lainnya, yaitu tiga dari The University of Toulouse, Perancis, masing-masing Prof. Poulain, Dr. Jasintee, Dr. Laurence, dan satu lagi dari Unud yaitu Prof. Dr. Made Supartha Utama.

Delapan Dosen Baru Perkuat Prodi S2 Kajian Pariwisata

Rapat dosen S-2 Kajian Pariwisata, Jumat, 14 Agustus 2015.

Rapat dosen S-2 Kajian Pariwisata, Jumat, 14 Agustus 2015.

Delapan dosen baru tamatan dalam dan luar negeri memperkuat Prodi S2 Kajian Pariwisata Unud mulai semester ini.

Demikian disampaikan Kaprodi Prof. Darma Putra dalam rapat dengan tim pengajar Jumat, 14 Agustus, menjelang awal kuliah mahasiswa baru mulai 1 September.