Monthly Archives: July 2015

Catatan Perjalanan: Berwisata ke Thailand Mengenal Seluk-beluk Pariwisata

Oleh Putu Suhartana, Angkatan 2014

Lukisan Ramayana di kompleks The Grand Palace (Dok. Pribadi)

Lukisan Ramayana di kompleks The Grand Palace (Dok. Pribadi)

Saya sebagai tenaga pendidik di SMK PGRI 3 Denpasar dan mahasiswa Program Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana beruntung mendapatkan kesempatan untuk mengikuti perjalanan 4 hari 3 malam ke Thailand.

Program perjalanan ke Thailand dirancang untuk memberi pengalaman mengenal seluk-beluk pariwisata bagi tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan SMK PGRI 3 Denpasar, Bali.

Kabar Alumni: Kenangan Tour ke Perth dan Melbourne Angkatan 2008

Oleh Putu Sucita Yanthy, Angkatan 2008

DSCN8876

Berkunjung ke Konsulat Jenderal Indonesia, Melbourne. Penulis (nomor 3 dari kiri), sedangkan Prof Sirtha (lima dari kiri) dan Pak Sunarta (tujuh dari kiri).

Siapa sangka, mata kuliah traveling pada semester ketiga memberi pengalaman luar biasa buat saya dan teman sekuliah Angkatan 2008. Memasuki semester ketiga, kami mulai disibukkan dengan mempersiapkan calon tesis. Kami harus mulai memilih topik, teori, konsep dan lain-lain. Ke urusan tesis-lah fokus perhatian kami.

Akan tetapi, mata kuliah traveling yang dilaksanakan semester ke-3 tak kalah menarik fokus perhatian. Kami harus berdiskusi dengan teman sekelas, mulai dari menentukan destinasi, tiket pesawat, dan akomodasi dipertimbangkan dengan baik. Pertimbangan pada saat itu adalah tiga destinasi Australia, Singapura-Malaysia, dan Tanah Toraja.

Kabar Alumni: Cicip Minuman Beras Merah Saat ‘Study Tour’ ke Jatiluwih

Oleh Putu Sucita Yanthy, Angkatan 2008

Mahasiswa Kajian Pariwisata Angkatan 2008 menjelang study tour ke Jatiluwih dan Strawberry Farm di Bedugul.

Mahasiswa Kajian Pariwisata Angkatan 2008 menjelang study tour ke Jatiluwih dan Strawberry Farm di Bedugul.

Pagi-pagi sekali, pukul 06:00, suatu hari di tahun 2008, kami sudah berkumpul di depan gedung Pascasarjana kampus Unud Sudirman untuk sembahyang bersama dan melakukan persiapan perjalanan studi lapangan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Dua tujuan study tour waktu itu adalah hamparan persawahan indah Jatiluwih dan kebun strawberry di Bedugul. Ini adalah study tour kedua setelah sebelumnya kami ke agrowisata Bagus Agro di Pelaga, Badung Utara.

Calon Mahasiswa S-2 Pariwisata Unud dari Medan sampai Papua

Suasana seleksi calon mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata, Sabtu, 11 Juli 2015. Tampak pula Kaprodi Darma Putra dan Sekretaris Syamsul Alam Paturusi saat sesi wawancara.

Suasana seleksi calon mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata, Sabtu, 11 Juli 2015. Tampak pula Kaprodi Darma Putra dan Sekretaris Syamsul Alam Paturusi saat sesi wawancara (Foto Nyoman Kariana).

Calon mahasiswa baru Program Studi Magister (S-2) Kajian Pariwisata Unud berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Medan, Malang, Surabaya, Palangkaraya, Kendari, Menado, dan Papua. Terbanyak memang dari Bali.

Sebanyak 23 calon mahasiswa baru itu mengikuti ujian seleksi masuk Sabtu, 11 Juli 2015, di Gedung Pascasarjana Kampus Universitas Udayana, Jln. PB Sudirman, Denpasar. Pada hari pertama mereka mengikuti test tulis dan wawancara, hari kedua, Minggu, 12 Juli, mereka mengikuti test bahasa Inggris dan tes potensi akademik (TPA).

Pada saat yang sama, ada sekitar 450 calon mahasiswa dari berbagai program studi master dan doktor Program Pascasarjana Unud yang mengikuti seleksi masuk gelombang kedua. Seleksi gelombang pertama telah dilaksanakan Mei lalu.

Karena Penutupan Bandara, 23 Juli Ujian Seleksi Susulan

PENGUMUMAN

TERKAIT DENGAN ADANYA PENUTUPAN BANDARA NGURAH RAI DI TUBAN BALI YANG DIKARENAKAN BENCANA ALAM MELETUSNYA GUNUNG RAUNG DI BANYUWANGI, BERSAMA INI DISAMPAIKAN KEPADA SELURUH PESERTA SELEKSI PASCASARJANA TAHAP 2 YANG BERADA DI LUAR PULAU BALI YANG TIDAK BISA MENGIKUTI SELEKSI SESUAI DENGAN JADWAL YANG DITETAPKAN, AKAN DIADAKAN UJIAN SUSULAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA :

HARI, TANGGAL : KAMIS, 23 JULI 2015
TEMPAT : DI GEDUNG PASCASARJANA DENPASAR

Kabar Alumni: Setelah Sembilan Tahun, Kangen Muncul

Oleh I Nengah Subadra, Angkatan 2004

I Nengah Subadra, Angkatan 2004. Bersama keluarga di London, rekreasi di tengah kesibukan kuliah s-3.

I Nengah Subadra, Angkatan 2004. Bersama keluarga di London, rekreasi di tengah kesibukan kuliah s-3.

Rasa kangen muncul setelah sembilan tahun meninggalkan bangku kuliah di Kajian Pariwisata, Universitas Udayana. Banyak sekali kenangan dan pengalaman yang saya dapatkan selama menempuh program Master bidang Pariwisata di kampus tercinta Universitas Udayana selama dua tahun (2004-2006).

Kenangan yang indah ini tidak hanya disebabkan karena ruangan belajarnya yang nyaman dan letak kampusnya yang strategis di pusat Kota Denpasar, tetapi juga keteladanan para dosen untuk berbagi ilmu kepada saya dan teman-teman seangkatan dan juga ketekunannnya dalam membimbing mahasiswa.

Kabar Alumni: Awalnya Canggung karena Orang Kampung

Oleh I Wayan Wiwin, Angkatan 2009

Study Tour ke Bangkok

Study Tour ke Bangkok

Karena tuntutan profesi dan keilmuan, saya memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 di Program Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana pada tahun 2009.

Itu terjadi menyusul tahun 2008 saya diterima sebagai dosen di IHDN (Institut Hindu Dharma) Denpasar. Persyaratan dosen adalah minimal berpendidikan S-2. Sebelum itu, berbekal pendidikan D4 Pariwisata di Universitas Udayana yang saya selesaikan tahun 2004, saya sempat bekerja di salah satu Biro Perjalanan Wisata di Bali.

Kabar Alumni: Impian Terwujud setelah Menanti Enam Tahun

Oleh Ni Luh Putu Aristrawati, Angkatan 2013

Aristra (kiri) bersama narasumber untuk wawancara tesis.

Aristra (kiri) bersama Sugiani, Kasi Penyuluhan Wisata Dinas Pariwisata Kota Denpasar, salah satu narasumber untuk tesis.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan salah satu impian saya yang akhirnya terwujud setelah menunggu hampir enam tahun sejak saya menyelesaikan pendidikan S1 pada tahun 2007.

Saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2 dan diterima menjadi salah satu karyasiswa di Program Studi Kajian Pariwisata Universitas Udayana pada tahun 2013 setelah mengikuti serangkaian tes seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Kabar Alumni: Kuliah dengan Beasiswa Pemprov Bali

Oleh Luh Sri Astuti, Angkatan 2013

Luh Sri Astuti saat wisuda  Universitas Udayana, Mei 2015.

Luh Sri Astuti, S.Kom, M.Par.,  saat wisuda Universitas Udayana, Mei 2015.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan kesempatan dan beasiswa untuk kuliah di Program Studi Kajian Pariwisata Universitas Udayana bagi 15 orang PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali pada tahun 2013. Program seleksi dimulai dengan memberikan tes tulis dan wawancara lisan kepada calon karyasiswa.

Banyaknya peminat menyebabkan saya harus berjuang semaksimal mungkin untuk memperoleh kesempatan ini. Tidak ada kemenangan tanpa usaha.

Kabar Alumni: Empat Alasan Memilih Universitas Udayana

Oleh Glenda M.S. de Carvalho, Angkatan 2010

Kenangan Tur ke Hongkong Schenzen dan Macau saat kuliah di Magister Kajian Pariwisata Unud.

Glenda (berbaju gelap di antara bendera dan topi) dalam kenangan Tur ke Hongkong Schenzen dan Macau saat kuliah di Magister Kajian Pariwisata Unud.

Ketika Pemerintah República Democrática de Timor Leste (RDTL) Kementerian Pendidikan mulai memberlakukan peraturan di mana semua penguruan tinggi negeri dan swasta harus mempekerjakan tenaga dosen yang minimal bergelar master, saya terpanggil untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu jenjang master.

Sempat bingung ketika itu untuk menentukan universitas mana yang akan dipilih. Berikut ini kabar selengkapnya.