Monthly Archives: May 2015

Lokakarya Kurikulum Magister Terapan Pariwisata di Poltek Negeri Bali

Dari kiri: Putu Mertha Astawa (Pembantu Direktur I Poltek Negeri Bali), I Ketut Jaman, I Nyoman Darma Putra, dan Gde Mudana.

Dari kiri: Putu Mertha Astawa (Pembantu Direktur I Poltek Negeri Bali), I Ketut Jaman (Praktisi Pariwisata), I Nyoman Darma Putra (Kaprodi S-2 Kajian Pariwisata Unud), dan Gde Mudana (Panitia Pelaksana Lokakarya) (Foto Dok Ketut Jaman).

Ketua Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud, Prof. I Nyoman Darma Putra diundang sebagai narasumber dalam lokakarya kurikulum program  studi master (S2) terapan pariwisata di Politeknik Negeri Bali, Jumat, 29 Mei 2015.  Narasumber satu lagi adalah I Ketut Jaman, seorang praktisi pariwisata yang menekuni bisnis MICE.

Sembilan Lulusan Prodi S-2 Kajian Pariwisata Ikut Yudisium

Mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata yang mengikuti yudisium di Pascasarjana Universitas Udayana, Rabu, 27 Mei 2015.

Lulusan S-2 Kajian Pariwisata yang mengikuti yudisium di Pascasarjana Universitas Udayana, Rabu, 27 Mei 2015. Dari kiri: Anom Hery Suasapha, Made Adi Krisna Dwipayana, Ketut Budayasa, Rafael Modestus Ziku, Dewa Ayu Diyah Sri Widari, I Nyoman Darma Putra (Kaprodi), Luh Sri Astuti, Ramang Husin Demolingo, dan Kanom.

Program Studi Magister (S-2) Kajian Pariwisata Univeristas Udayana menamatkan sembilan mahasiswa dalam periode yudisium/wisuda kali ini. Kesembilan mahasiswa tersebut mengikuti acara yudisium bersama mahasiswa lulusan program master dan doktor lainny di lingkungan Program Pascasarjana Unud, di aula Gedung Pascasarjana Unud, Denpasar, Kamis, 27 Mei 2015, pagi.

Catatan Perjalanan: Transit di Changi, Dimanja bagai Raja

Oleh Putu Devi Rosalina *)

Terminal sky train sejuk dan mewah siap mengantarkan penunpang dari satu terminal ke terminal lainnya dengan efektif (Foto Diah Sastri)

Terminal sky train yang sejuk dan mewah siap mengantarkan penumpang pindah terminal dengan efektif (Foto Diah Sastri)

Edutainment, mungkin itu istilah yang bisa menggambarkan perjalanan ini. Dua manfaat berhasil didapat, yakni pendidikan dan hiburan. Walaupun masih dibayangi tumpukan tugas yang belum terselesaikan, rasa antusias dan semangat tetap ikut mengiringi. Terlebih, ini adalah pertama kalinya bagi saya untuk menjelajah Penang-Malaysia dan Singapura, dalam rangkaian study tour, 20-22 Mei 2015.

Catatan Perjalanan Penang dan Singapura: Kisah Ayam Rempah hingga Hotel Mewah Seharga Satu Dolar

Oleh Putu Diah Sastri Pitanatri *)

Jalan-jalan di Singapura (foto Darma Putra)

Mahasiswa S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana didampingi Pak Syamsul (kaos putih) saat jalan-jalan di Singapura (foto Darma Putra)

 

Travel is the only thing you buy that makes you richer (Anonymous)

Merupakan blessing luar biasa bagi saya untuk mendapatkan kesempatan menghadiri seminar internasional di Penang, Malaysia, yang dilaksanakan Universiti Sains Malaysia bekerja sama dengan Program Studi Magister (S-2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana, Think City, dan Universitas Mercu Buana Jakarta, 21 Mei 2015 (http://tourism.pps.unud.ac.id/kajian-pariwisata-unud-berseminar-di-usm-penang.html#more-292).

Kajian Pariwisata Unud Seminar Internasional di Universiti Sains Malaysia

Pembukaan seminar.

Pembukaan seminar.

Pada hari Kamis, 21 Mei 2015, Universiti Sains Malaysia menggelar seminar internasional dengan tema “Seminar On Managing Cultural Tourism: Issues and Challenges”. Seminar menghadirkan empat pembicara masing-masing dari Universitas Udayana (Bali), Universitas Mercu Buana (Jakarta), Tourism Malaysia, dan Think City, Penang (Malaysia).

Rekrutmen Dosen Pariwisata

Tim rekrutmen dosen dari Universitas Ciputra Surabaya akan datang lagi ke Program Studi Kajian Pariwisata Unud untuk menjaring tenaga dosen baru.

Acara rekrutmen akan  dilaksanakan Senin, 8 Juni 2015, mulai pk. 09.00, di Prodi Magister Kajian Pariwisata, Gedung Pascasarjana Unud. Alumni yang tertarik, diundang datang dengan membawa ijazah dan transkrip akademik, dan berkas pendukung relevan lainnya.

Suvenir Lukisan

Dr Syamsul Alam SUVENIR LUKISAN: Paturusi (Sekretaris Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud) menyerahkan suvenir lukisan karyanya sendiri kepada Prof Badaruddin Mohamed (tengah) selaku pelaksana seminar Managing Cultural Tourism di USM Malaysia, 21 Mei 2015. Sebanyak 10 mahasiswa dan dosen Kajian Pariwisata Unud mengikuti seminar internasional tersebut, termasuk Ketua Prodi I Nyoman Darma Putra (kiri).

Dr. Syamsul Alam Paturusi (Sekretaris Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud)(kanan) menyerahkan suvenir lukisan karyanya sendiri kepada Prof Badaruddin Mohamed (tengah) selaku pelaksana seminar Managing Cultural Tourism di USM Malaysia, 21 Mei 2015. Sebanyak 10 mahasiswa dan dosen Kajian Pariwisata Unud mengikuti seminar internasional tersebut, termasuk Ketua Prodi I Nyoman Darma Putra (kiri).

Michel Picard: “Pariwisata Budaya” dan “Budaya Pariwisata” seperti Dua Sisi dari Satu Koin

Michel Picard dan Darma Putra dalam acara "Talk Show" di Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud (Foto Ary Bestari).

Michel Picard dan Darma Putra dalam acara “Talk Show” di Prodi S-2 Kajian Pariwisata Unud (Foto Ary Bestari).

Program Magister Kajian Pariwisata Unud, Senin (18/5/2015), mengundang Michel Picard, penulis buku terkenal BALI Cultural Tourism and Touristic Culture (1996) untuk memberikan ceramah tentang pariwisata budaya di Bali.  Acara diskusi dihadiri sekitar 125 orang terdiri dari dosen, mahasiswa Pariwisata (S1, S2, S3), dan peminat kalangan umum.

Diskusi berlangsung menarik, termasuk ada peserta yang menanyakan tentang apa saja perubahan Bali yang paling keras, siapa saja agent yang paling berpengaruh dalam menciptakan image pariwisata Bali di dunia global, bahkan sampai masalah reklamasi Teluk Benoa.

Seminar “Medical Tourism” dalam Liputan “Bali Post”

Seminar medical tourism (wisata medis) yang dilaksanakan Prodi Magister Kajian Pariwisata Unud, Selasa, 5 Mei, mendapat liputan luas dari Bali Post, Minggu, 10 Mei 2015. Liputan diturunkan dalam tiga judul berita, dilengkapi foto-foto warna pembicara dan rumah sakit, dan dimuat pada halaman depan, halaman pertama.

Wartawan Bali Post juga melengkapi informasi yang muncul dalam seminar dengan wawancara dari narasumber terkait misalnya pihak rumah sakit Sanglah, salah satu rumah sakit yang sudah terakreditasi internasional. (dp)

Liputan terkait: http://tourism.pps.unud.ac.id/peluang-bali-membuka-pintu-medical-tourism.html

Bali Post Minggu 10 Mei 2012 hlm 1 (1)

Bali Post Minggu 10 Mei 2012 hlm 1 (2) Bali Post Minggu 10 Mei 2015 hlm 1. p (1)

Bali Post Minggu 10 Mei 2015 hlm 1. p (2)

Tes Seleksi Masuk S-2 Kajian Pariwisata 2015

Suasana seleksi calon mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Unud, 9 Mei 2015 (Foto Nyoman KAriana).

Suasana seleksi calon mahasiswa baru S-2 Kajian Pariwisata Unud, 9 Mei 2015 (Foto Nyoman Kariana).

Ujian seleksi masuk calon mahasiswa baru Program Studi S-2 Kajian Pariwisata Universitas Udayana berlangsung Sabtu, 9 Mei 2015, serentak dengan seleksi mahasiswa baru program studi pascasarjana Unud lainnya.

Hari pertama berlangsung tes tulis dan wawancara, sedangkan pada hari kedua, 10 Mei, berlangsung tes bahasa bahasa Inggris dan tes potensi akademik. Tes yang berlangsung di Kampus Unud Sudirman, Denpasar, itu berjalan lancar.